UMN Bersama Kominfo Persiapkan Talenta Melek Data Science Melalui Program Pelatihan TSA

Last Updated February 21, 2023


TANGERANG – Program pelatihan Talent Scouting Academy (TSA) bertema “Dasar Data Science dengan Modul Interaktif Tahun 2023” resmi dibuka di Function Hall UMN, Tangerang, Banten, pada Selasa (14/2/23).

Program pelatihan ini menjadi kolaborasi antara UMN, Institut Teknologi Padang, Universitas Nasional Jakarta dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Secara garis besar, program TSA ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk meningkatkan keterampilan digital.

UMN menjadi salah satu universitas yang rutin berpartisipasi dalam program ini, bahkan peminatnya sangat banyak. Rektor UMN Dr. Ninok Leksono menyebut lebih dari 200-an mahasiswa UMN mengikuti program pelatihan TSA bertema data science ini.

“Kampus berusaha sejauh mungkin untuk memfasilitasi, memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan program-program yang selaras dengan kebutuhan dunia kerja,” ungkap Ninok.

Sudah bukan perbincangan yang anyar, data science telah menjadi salah satu kebutuhan pokok pada era transformasi digital. Menurut Ninok, data-data yang dapat diolah dan dimaknai dengan baik ini dapat memberikan manfaat bagi publik secara luas.

Senada dengan itu, Anton Susanto selaku Ketua Pelaksana TSA mengungkapkan keterampilan data science akan sangat dibutuhkan. Dampaknya tidak hanya untuk kebutuhan industri dan bisnis, tetapi juga untuk lingkungan sosial.

Anton mengatakan pelatihan data science yang diikuti oleh ratusan peserta ini akan berlangsung selama kurang lebih lima bulan. Pelatihan yang juga hadir untuk mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ini akan menggunakan sistem konversi SKS. 

Lebih lanjut, Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Kementerian Kominfo, Dr. Ir. Hedi M. Idris, M.Sc. berharap program TSA ini mampu melahirkan talenta-talenta terbaik Indonesia. Hal ini juga menjadi upaya untuk mempersiapkan ketahanan diri menghadapi perubahan.

“Kegiatan ini menjadi awal untuk mempersiapkan SDM kita,” ujar Idris.

 

By Melinda Chang | UMN News Service

Discover More About News

These articles might suits you.

Thursday, 18 January 2024

Manfaatkan AI Sebagai Peluang dan Inovasi dalam Dunia Kerja, Bukan Sebagai Ancaman

Tangerang, Sabtu (13/01) – Artificial Intelligence (AI) seolah menjadi dua mata pisau yang bisa melukai siapapun. Di satu sisi AI menjadi alat yang ma...

Read More

Thursday, 18 January 2024

MN Gandeng Astragraphia Sebagai Perjanjian Kerjasama Rekrutmen

Tangerang – UMN mulai bekerjasama dengan Astragraphia, kerja sama ini diresmikan pada (5/12). Kerjasama ini guna untuk terus meluaskan kerjasama rekru...

Read More

Thursday, 18 January 2024

UMN dan PT Eka Jaya Internasional Resmi Kerjasama Untuk Rekrutmen Mahasiswa dan Alumni

TANGERANG – Universitas Multimedia Nusantara (UMN) resmi melakukan kerja sama dengan PT Eka Jaya Internasional, melalui penandatanganan perjanjian ker...

Read More

Featured Content

Konten terbaru dari Instagram Pusat Karir UMN.