8 Jurusan kuliah IPA Paling Menjanjikan di Era 4.0

Last Updated July 04, 2022


8 Jurusan kuliah IPA Paling Menjanjikan. Disrupsi teknologi telah menggantikan peran manusia dengan teknik yang lebih canggih. Di masa lalu, persepsi kebanyakan orang adalah bahwa jika kamu ingin memiliki pekerjaan bagus, maka kamu harus belajar IPA. 

Lulusan jurusan IPA semasa bangku SMA dikatakan bisa masuk jurusan apa saja. Namun demikian, kamu tidak bisa begitu saja memutuskan jurusan. Kamu benar-benar perlu melihat prospek dan melihat apakah itu cocok. 

Selain harus sesuai dengan passion, jurusan juga harus menjanjikan masa depan yang lebih cerah. Dia harus punya lapangan pekerjaan yang meningkat dan rate salary yang cenderung naik pula. Kira-kira anak IPA sebaiknya ambil jurusan apa ya yang tepat? Ini lho 8 jurusan untuk anak IPA yang paling menjanjikan di era 4.0.

Baca Juga: Program Studi UMN dan Penjelasannya

 

Jurusan IPA Paling menjanjikan 1: Farmasi

Entahlah, dunia saat ini banyak diteror oleh virus baru. Penyakit-penyakit lama belum tuntas, sudah bermunculan banyak kasus baru. Sisi positifnya, permintaan pekerja di industri kesehatan terus naik  tajam. Lulusan dari jurusan farmasi pun akan dibutuhkan baik di rumah sakit atau apotek, dan instansi kesehatan lainnya.

Fokus materi pada jurusan farmasi adalah ilmu pengobatan. Mulai dari pembuatan obat, penelitian mengenai interaksi senyawa kimia pada obat, dan teori-teori medis yang perlu dipraktikkan. Kamu pun akan mempelajari etika dan hukum bidang kesehatan, komunikasi kesehatan, hingga pengelolaan bencana.

Jurusan IPA Paling menjanjikan 2: Teknik Sipil

Tak cuma di Jakarta, pembangunan berbagai infrastruktur semakin masif dan merata. Begitu pula dengan kebutuhan lingkungan terhadap lulusan teknik sipil. Anak IPA yang pintar matematika dan fisika bisa banget ambil jurusan kuliah ini. Perkiraan pertumbuhan profesi cemerlang ini akan mencapai 8% di tahun 2030 nanti.

Teknik sipil adalah jurusan yang mempelajari perancangan, pengelolaan atau manajemen, dan konservasi serta konstruksi fasilitas dan sistem lingkungan. Jurusan teknik sipil juga berkaitan dengan jurusan teknik konstruksi gedung dan properti.

Jurusan IPA Paling menjanjikan 3: Teknik Elektro

Anak IPA, khususnya yang suka fisika, bisa banget ambil jurusan teknik elektro. Anak dari jurusan teknik elektro akan sangat menarik bagi perusahaan pembangkit listrik dan manufaktur besar. Pertumbuhan pekerjaan teknik elektro ini meningkat sekitar 7% dari tahun 2020 ke 2030.

Apa jurusan teknik elektro akan berkaitan erat dengan listrik? Ya, tapi lebih mendalam soal listrik. Seperti elektromagnet, sinyal listrik, mikroprosesor, dan mempelajari tentang teknologi di bidang listrik.

Jurusan IPA Paling menjanjikan 4: Teknik Kimia

Berikutnya adalah jurusan teknik kimia, jurusan yang cukup menjanjikan anak IPA untuk mendapatkan masa depan cerah. Jurusan ini menjadi sorotan karena lulusannya banyak dipekerjakan di perusahaan besar di bidang farmasi dan laboratorium. Rata-rata pertumbuhanya dari tahun 2020 ke 2030 adalah sebesar 9%.

Jurusan teknik kimia adalah jurusan yang tidak hanya melakukan penelitian mengenai reaksi kimia dan molekuler baru, tetapi juga mengembangkan teknik produksi. Lulusan jurusan teknik kimia akan dibutuhkan di semua industri, terutama industri minyak dan gas.

Jurusan IPA Paling menjanjikan 5: Sistem Informasi Komputer

Saat ini, kemajuan teknologi tidak akan lepas dari jurusan ini juga lho! Jurusan sistem informasi memiliki prospek kerja yang banyak diminati dan tentunya dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar juga. Pertumbuhan lapangan pekerjaan lulusan ini meningkat 11% dari tahun 2020 ke 2030, lebih cepat dibanding rata-rata pekerjaan lainnya.

Jurusan sistem informasi komputer merupakan gabungan dari ilmu komputer dengan bisnis dan manajemen. Yang akan kamu pelajari di jurusan sistem informasi adalah perancangan sistem sesuai kebutuhan perusahaan dan mengetahui proses bisnis di suatu perusahaan dan mengidentifikasi data-data perusahaan tersebut.

Jurusan IPA Paling menjanjikan 6: Agribisnis

Fakultas Pertanian juga memiliki jurusan favorit yang memiliki potensi dan peluang kerja tetap menjanjikan di era 4.0. Agribisnis merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang pengetahuan produk pertanian dan dikembangkan untuk potensi bisnis. Produk pertanian Indonesia cukup menjanjikan dikelola dan masih menjadi peluang yang jarang digarap.

7. Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan merupakan jurusan yang cukup baru di Indonesia. Bahkan, di 2021, hanya Universitas Airlangga yang memiliki jurusan ini. Kelahiran jurusan ini menandakan bahwa mulai dibutuhkannya SDM kompeten dalam mengembangkan integrasi antara robotika dengan kecerdasan buatan. Anak IPA tak perlu khawatir lagi kalau mau pilih jurusan kuliah. Peluang kerjanya masih sangat luas dan mampu menjamin masa depan karena peningkatan kebutuhan profesinya itu sendiri.

8. Jurusan Teknik Biomedik

Kata teknik ternyata nggak hanya dilekatkan dengan informatika, elektro, dan mesin saja, tetapi juga medis. Jurusan Teknik Biomedik merupakan gabungan Ilmu Keteknikan dan Ilmu Kedokteran yang mempelajari perancangan alat-alat mekanik dan elektronik untuk dunia kesehatan.

 

Demikian pembahasan mengenai jurusan kuliah IPA paling menjanjikan di era 4.0. Jangan terkecoh dengan kepercayaan umum yang mengatakan bahwa lulusan jurusan IPA bisa memilih jurusan apapun. Setiap pilihan harus didasarkan dengan pemikiran matang dan manfaatnya kelak bagi masa depanmu. Semangat bereksplorasi ya!

Kamu bisa mempelajari lebih lanjut tentang informasi menarik lainnya melalui official website UMN. Di website tersebut kamu juga bisa memilih prosedur pendaftaran online sesuai dengan kriteriamu. Yuk, daftar sekarang dan mulai karir kamu bersama UMN!

 

Sumber: 

 

Discover More About News

These articles might suits you.

Thursday, 18 January 2024

Manfaatkan AI Sebagai Peluang dan Inovasi dalam Dunia Kerja, Bukan Sebagai Ancaman

Tangerang, Sabtu (13/01) – Artificial Intelligence (AI) seolah menjadi dua mata pisau yang bisa melukai siapapun. Di satu sisi AI menjadi alat yang ma...

Read More

Thursday, 18 January 2024

MN Gandeng Astragraphia Sebagai Perjanjian Kerjasama Rekrutmen

Tangerang – UMN mulai bekerjasama dengan Astragraphia, kerja sama ini diresmikan pada (5/12). Kerjasama ini guna untuk terus meluaskan kerjasama rekru...

Read More

Thursday, 18 January 2024

UMN dan PT Eka Jaya Internasional Resmi Kerjasama Untuk Rekrutmen Mahasiswa dan Alumni

TANGERANG – Universitas Multimedia Nusantara (UMN) resmi melakukan kerja sama dengan PT Eka Jaya Internasional, melalui penandatanganan perjanjian ker...

Read More

Featured Content

Konten terbaru dari Instagram Pusat Karir UMN.