Fakultas Seni dan Desain UMN Membuka Silaturahmi Kerjasama dengan Fakultas Industri Kreatif Telkom University

Last Updated July 04, 2022


TANGERANG – Perwakilan Fakultas Industri Kreatif (FIK) Telkom University berkunjung ke Universitas Multimedia Nusantara (UMN) untuk melakukan studi komparasi dengan Fakultas Seni dan Desain (FSD) UMN, pada Rabu (22/6/22).

Pertemuan ini diadakan guna membuka silaturahmi kerjasama dalam hal pertukaran mahasiswa, seminar, riset, dan MBKM antara FSD UMN dengan FIK Telkom University.

Kunjungan studi komparasi ini diterima dengan baik oleh kedua pihak, tak hanya menyampaikan presentasi seputar fasilitas, program, dan keunikan akademik FSD UMN, tetapi tamu kunjungan dari Telkom University juga diajak untuk ikut campus tour UMN. 

“Saya sangat senang sekali diterima oleh teman-teman UMN,” ungkap Dr. Roro Retno Wulan selaku Dekan Prodi Industri Kreatif Telkom University.

Dalam kunjungan itu, Dr. Roro beserta jajaran dosen FIK Telkom University menjelaskan bahwa dari studi komparasi ini, FIK Telkom University atau lebih tepatnya prodi DKV Telkom, ingin mencari mendapatkan keunikannya sendiri dengan belajar dari FSD UMN.

Baca juga : UMN Membuka Pendaftaran Secara Online Untuk Mahasiswa Baru Tahun 2023 | Universitas Multimedia Nusantara 

Dari pihak FSD UMN, prodi film, animasi, dan DKV menjelaskan seputar sejarah singkat, skema pembelajaran, MBKM, magang, tugas akhir, dan memberikan contoh-contoh karya mahasiswa dari prodi masing-masing.

Secara singkat, yang menjadi salah satu keunikan skema perkuliahan FSD UMN adalah tugas akhir atau skripsi dimasukkan kedalam semester 5 atau 6. Hal ini dilakukan karena pertimbangannya supaya waktu tugas akhir mahasiswa bisa maksimal dan tinggal lanjut magang dan kerja.

“Kami sih sebenarnya tetap memperbolehkan tugas akhir di semester 8, namun di semester terakhir itu kita lepas mereka untuk magang dengan asumsi, mereka magang suka sama tempatnya dan sebaliknya. Mereka bisa lanjut kerja disana, tidak perlu balik lagi untuk tugas akhir segala macam,” ungkap Kus Sudarsono selaku Kaprodi Film UMN.

Sedangkan dari prodi DKV UMN, Natasha Violeta, Koordinator Peminatan Interaction Design menjelaskan seputar pembagian minat DKV di UMN yang terbagi menjadi visual brand design dan interaction design, fasilitas green screen, serta game design laboratorium. 

“Dalam DKV, mahasiswa tidak hanya diajarkan karya-karya dan problem solving-nya saja, tetapi juga diajari untuk implementasinya,” ujar Violeta.

Selain menjelaskan seputar skema pembelajaran prodi film dan animasi, DKV juga menunjukkan contoh karya dari mahasiswanya. Misal dari prodi animasi, terdapat beberapa karya yang unik dengan cirinya masing-masing. Ada karya animasi yang mengangkat cerita real life tentang mantan atlet sepak bola yang gagal masuk PNS, musical animasi, animasi iklan, dan 3D kearifan lokal tentang sabung ayam.

Dari implementasi karya, FSD UMN memiliki kegiatan tahunan yang bernama IMAGO. Kegiatan ini mengikutsertakan prodi film, animasi, DKV, dan arsitektur. Kegiatan ini terdiri dari rangkaian seminar, bedah karya, dan pameran karya tugas akhir mahasiswa Fakultas Seni & Desain.

Setelah presentasi selesai, bersama-sama kedua pihak dari FSD UMN dan FIK Telkom University melakukan campus tour dan foto bersama sebelum mengakhiri kunjungan. 

 

By Iglo Montana | UMN News Service

Discover More About News

These articles might suits you.

Thursday, 18 January 2024

Manfaatkan AI Sebagai Peluang dan Inovasi dalam Dunia Kerja, Bukan Sebagai Ancaman

Tangerang, Sabtu (13/01) – Artificial Intelligence (AI) seolah menjadi dua mata pisau yang bisa melukai siapapun. Di satu sisi AI menjadi alat yang ma...

Read More

Thursday, 18 January 2024

MN Gandeng Astragraphia Sebagai Perjanjian Kerjasama Rekrutmen

Tangerang – UMN mulai bekerjasama dengan Astragraphia, kerja sama ini diresmikan pada (5/12). Kerjasama ini guna untuk terus meluaskan kerjasama rekru...

Read More

Thursday, 18 January 2024

UMN dan PT Eka Jaya Internasional Resmi Kerjasama Untuk Rekrutmen Mahasiswa dan Alumni

TANGERANG – Universitas Multimedia Nusantara (UMN) resmi melakukan kerja sama dengan PT Eka Jaya Internasional, melalui penandatanganan perjanjian ker...

Read More

Featured Content

Konten terbaru dari Instagram Pusat Karir UMN.