Prestasi Internasional UMN Terbaru

Last Updated February 10, 2023


Mahasiswa, dosen, dan kampus Universitas Multimedia Nusantara (UMN) tidak berhenti berprestasi secara nasional maupun internasional. Walau kita baru saja memasuki tahun 2023, UMN sudah mendapatkan berbagai prestasi, loh. Yuk kita lihat beberapa prestasi internasional UMN terbaru!

UMN Masuk Daftar Kampus Ramah Penyandang Disabilitas Versi Unesa-Dimetric

Kampus yang inklusif, UMN berhasil meraih peringkat ke-8 dari 125 perguruan tinggi di dunia sebagai kampus inklusif ramah disabilitas melalui The Best 22 Ranking of UNESA – Dimetric (Disability Inclusion Metric) 2022. 

Unesa-Dimetric merupakan pemeringkatan untuk kampus ramah disabilitas pertama di dunia. Sejumlah indikator penilaiannya, antara lain kepemimpinan, perencanaan strategis, kebijakan khusus inklusi disabilitas, kelembagaan, kerja sama organisasi disabilitas, sarana dan prasarana, akomodasi yang layak, siswa dan karyawan, pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Ke depannya, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan UMN Ir. Andrey Andoko, M.Sc., mengatakan UMN juga akan terus berinovasi untuk memfasilitasi akses pendidikan bagi penyandang disabilitas.  Andrey pun mengaku saat ini UMN sedang menyiapkan pelatihan untuk para dosen hingga peningkatan materi pembelajaran yang inklusif.

Baca berita lengkapnya di sini.

 

Baca juga: Yuk! Kulik Deretan Prestasi Regional UMN

Bangga! Mahasiswa UMN Menangkan The Best Student Shortdoc Award Perancis

Enam mahasiswa UMN yang berhasil mendapatkan penghargaan dari Perancis berkat karya video dokumenter. Tim tersebut beranggotakan lima mahasiswa asal prodi Jurnalistik, yakni Felicia Salvina, Rachmat Kurniawan Idrus, Rega Almuhtada, Rheinata Yuvian Tasman, dan Mikael Ario Masri serta satu mahasiswa asal Prodi Desain Komunikasi Visual Muhammad Yafi Rayhan Zainal. 

Karya bertajuk Jumantara of Bantar Gebang itu berhasil menyabet juara The Best Student Shortdoc Award dari kompetisi The 8th Edition of the MegaCities-ShortDocs Festival dengan mengusung keseharian masyarakat di sekitar gunungan sampah Bantar Gebang, Bekasi.

Karya Jumantara of Bantar Gebang yang berdurasi empat menit tersebut merupakan arahan dosen pengampu mata kuliah Video Program Production Aditya Heru Wardhana. Dalam kelasnya, Heru berupaya untuk meningkatkan keterampilan produksi video dengan memberikan tantangan berupa mengikuti suatu perlombaan. Heru mendorong mahasiswa untuk lebih aktif, kreatif, dan kompetitif.

Selain pemutaran karya dokumenter di IFI Jakarta, Felicia, Rachmat, dan perwakilan Indonesia lainnya berkesempatan mengikuti screening dan awarding di MK2 Quai de Seine, Paris, Perancis, pada 15 Desember 2022. 

Baca berita lengkapnya di sini.

 

Ide Liputan Mahasiswa Jurnalistik UMN Menang dan Akan Diwujudkan Menjadi Proyek Nyata

Terdapat berbagai rangkaian acara pada acara ini, salah satunya pada sesi lokakarya (workshop) sebagai sesi utama dari kegiatan ini. Para peserta diarahkan untuk membentuk sebuah kelompok. Terdapat juga sepuluh mentor yang siap mendampingi setiap kelompok yang beranggotakan 4 sampai 5 orang. UMN mengirimkan 15 mahasiswa jurusan Jurnalistik untuk mengikuti acara lokakarya ini.

Setiap kelompok diminta untuk menuliskan ide liputan di kertas dan dikumpulkan untuk dinilai oleh tim juri yang diumumkan pemenangnya di akhir acara. Salah satu kelompok dari mahasiswa UMN yang beranggotakan 5 orang, yakni Alya Felicia Syahputri, Bernadetta Katrinka Tabiat, Cicilia Sidarta, Disya Shaliha, dan Priskila Graceana berhasil meraih kemenangan dari ide liputan yang mereka ajukan.

Bernadetta sebagai perwakilan kelompok tersebut menjelaskan, bahwa kelompoknya mengajukan topik tentang Neurodiversity yang sebenarnya masih merupakan topik yang agak asing di Indonesia. 

Neurodiversity adalah suatu keberagaman fungsi otak manusia yang berbeda dengan orang lain. Sama seperti ADHD, autisme, dan disleksia, masyarakat cenderung berpikir bahwa itu merupakan penyakit yang bisa disembuhkan. 

Topik tersebut nantinya akan diwujudkan oleh DW menjadi proyek nyata dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap Neurodiversity

Baca berita selengkapnya di sini.

 

Baca juga: Kulik Deretan Prestasi Mahasiswa UMN

 

Berikut beberapa prestasi internasional terbaru UMN. Tertarik untuk kuliah di UMN? Yuk kunjungi situs UMN.

 

By Levina Chrestella Theodora | UMN New Service

Discover More About News

These articles might suits you.

Thursday, 18 January 2024

Manfaatkan AI Sebagai Peluang dan Inovasi dalam Dunia Kerja, Bukan Sebagai Ancaman

Tangerang, Sabtu (13/01) – Artificial Intelligence (AI) seolah menjadi dua mata pisau yang bisa melukai siapapun. Di satu sisi AI menjadi alat yang ma...

Read More

Thursday, 18 January 2024

MN Gandeng Astragraphia Sebagai Perjanjian Kerjasama Rekrutmen

Tangerang – UMN mulai bekerjasama dengan Astragraphia, kerja sama ini diresmikan pada (5/12). Kerjasama ini guna untuk terus meluaskan kerjasama rekru...

Read More

Thursday, 18 January 2024

UMN dan PT Eka Jaya Internasional Resmi Kerjasama Untuk Rekrutmen Mahasiswa dan Alumni

TANGERANG – Universitas Multimedia Nusantara (UMN) resmi melakukan kerja sama dengan PT Eka Jaya Internasional, melalui penandatanganan perjanjian ker...

Read More

Featured Content

Konten terbaru dari Instagram Pusat Karir UMN.