Selami 7 Peluang Karir Lulusan Perhotelan, Nggak Cuma Traveling!

Last Updated September 08, 2022


Berbicara tentang lulusan jurusan perhotelan, pastinya akan banyak menemukan pengalaman yang seru dan menyenangkan ketika bekerja di hotel maupun lingkup hospitality. Apalagi bayangan pertama yang ada di pikiran orang awam setelah lulus dari jurusan ini kalau nggak healing ya traveling. Bener apa bener nih hayo rekan UMN? Apa benar lulusan perhotelan kerjanya cuma jago kandang di hotel? Apa iya lulusan perhotelan kerjanya healing sama doyan traveling? Jangan salah, lulusan jurusan perhotelan kini makin dicari lho. Apalagi melalui Kementerian Pariwisata Republik Indonesia saat ini tengah menggarap potensi pariwisata dengan mencanangkan lima destinasi super prioritas. Ditambah lagi Indonesia juga dinobatkan sebagai negara terindah Nomor 1 di Dunia versi Majalah Forbes. Pastinya sungguh membanggakan sekali.

Sejalan dengan tren staycation ataupun work from hotel oleh wisatawan maka lulusan perhotelan tidak akan ada matinya dan tetap bertahan selama wisatawan masih membutuhkan layanan akomodasi wisata dan perhotelan. Apalagi wisatawan juga butuh hunian sementara yang nyaman untuk menginap selama berlibur ke suatu tempat. Jadi, ketika kamu berpikir bahwa lulusan perhotelan kerjanya cuma traveling dan diam di hotel, salah besar kawan. Justru banyak peluang karir yang bisa kamu manfaatkan ketika kamu resmi lulus dari jurusan perhotelan. Baik di ranah perhotelan maupun diluar perhotelan. Yuk kita selami bareng-bareng 7 peluang karir yang menjanjikan bagi lulusan perhotelan melalui pemaparan dari UMN berikut!

Tour Guide

Keberadaan seorang tour guide sangat penting untuk memberikan informasi tentang objek wisata kepada wisatawan baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Bukan tidak mungkin apabila profesi ini juga andil dalam membentuk citra sebuah destinasi dan menjadi ujung tombak dalam industri pariwisata Indonesia. Salah satu peluang karir yang bisa dimanfaatkan oleh lulusan perhotelan adalah Tour Guide. Posisi ini terbilang hot pasalnya Indonesia saat ini punya lima destinasi super prioritas yang digagas oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia yang bisa dipromosikan kepada khalayak luas. Mulai dari Candi Borobudur, Danau Toba, Likupang, Mandalika, dan Labuan Bajo. Tour Guide bertugas mendampingi, memberi info dan membantu turis untuk mencukupi kebutuhannya sepanjang berada di sebuah kawasan wisata. 

Sumber Gambar: The Jakarta Post

Banyak sekali tour guide yang siap mendampingi wisatawan kemanapun dia pergi. Mulai dari local guide yang bertugas menemani turis sepanjang beberapa jam di tempat wisata. Kemudian, city guide yang menemani turis menjelajahi tempat-tempat wisata di sebuah kota. Biasanya jenis tour guide ini sudah datang bersama dengan rombongan dan transportasi sewa bus pariwisata. Ada juga inbound guide yang bertugas mendampingi turis luar negeri di kawasan wisata tempat si pemandu wisata menetap. Terakhir, ada outbound guide yaitu petugas mendampingi turis ke luar negeri. 

Food & Beverage Manager

Lulusan perhotelan juga berkesempatan untuk merambah ke dunia F&B. Dari namanya saja sudah kelihatan kawan, jika Food & Beverage atau F&B ini erat kaitannya dengan penyajian makanan di suatu tempat. Bisa hotel, restoran hingga kafe. Penyajian disini bukan hanya bagaimana makanan atau minuman yang telah dibuat sampai ke lidah konsumen saja kawan, tetapi juga bagaimana rasa makanan yang disajikan, citarasa, kesegaran minuman yang disajikan, tampilan penyajian maupun tempat penyajiannya agar bisa memanjakan lidah dan mata konsumen pastinya. Tolak ukur kesuksesan suatu bisnis Food and Beverage terletak pada pelaksanaan prosedur keamanan dan penyimpanan makanan, pengembangan strategi pemasaran, pengelolaan keuangan bisnis sajian makanan dan menjaga hubungan baik antara restoran dengan pemasok.

Food-Beverage-Manager

Sumber Gambar: UMN

Tidak heran apabila Food and Beverage Management masuk dalam bidang studi yang dipelajari oleh mahasiswa perhotelan dan pariwisata. Adapun bidang kerja yang masuk dalam ranah Food and Beverage diantaranya Food and Beverage Manager, Manajer Restoran dan Kafe, Bar Manager, Food and Beverage Director, Banquet Manager, dan Katering. Jika kamu punya passion di bidang kuliner maka peluang karir sebagai Food and Beverage Manager sangatlah cocok. Seorang Food and Beverage Manager bertugas mengatur operasional dapur dan menetapkan standar kualitas makanan untuk disajikan kepada para pengunjung. Food and Beverage Manager juga punya andil untuk melakukan research and development dalam menciptakan pilihan menu yang disajikan kepada pengunjung.

 

Patisserie (Baking and Pastry)

Pernah nonton Masterchef Indonesia ataupun Masterchef Australia? Biasanya kontestannya akan diminta untuk membuat sebuah kudapan manis yaitu dessert yang akan disajikan kepada juri. Bisa roti, bisa pastry, bisa kue bahkan cake. Kebayang dong manisnya seperti apa? Kebetulan banget kalau lulusan perhotelan juga bisa merambah ke ranah baking ataupun pastry lho. Kedua ranah ini biasanya disebut dengan patisserie yang menggabungkan antara bakery dengan pastry kawan. Tidak heran apabila jurusan perhotelan juga mendapatkan mata kuliah seputar bakery. Mulai dari bagaimana cara memproduksi makanan, minuman dan kudapan manis beserta cara penyajian secara lebih mendalam. 

Patisserie

Sumber Gambar: UMN

Diharapkan lulusan dari jurusan Perhotelan dapat terampil melakukan perencanaan, operasional, serta pengendalian pengolahan produk pastry dan bakery secara profesional. Banyak peluang karir yang bisa diambil dalam ranah Patisserie ini teman-teman. Mulai dari Pengelola Operasional Bakery, Chef de Partie, Baker, Food Stylist, Baking & Pastry Stylist, hingga menjadi wirausaha Bidang Pastry dan Bakery. Tidak menutup kemungkinan jika lulusan perhotelan bisa membuka usaha sendiri di bidang kuliner berkat ilmu yang telah dipelajarinya. 

 

Housekeeper

Ketika menginap di sebuah hotel, para staf akan bertugas membersihkan kamar dan melayani kebutuhan tamu atau pengunjung selama menginap di hotel. Kegiatan inilah yang biasanya dilakukan oleh housekeeper untuk mengurus kebutuhan rumah tangga di dalam hotel. Housekeeper berada dibawah departemen housekeeping. Profesi ini mengurus segala kebutuhan hotel terkait dengan kebersihan dan perawatan seperti membersihkan setiap sudut ruangan dan mengurus segala tagihan ruangan. Tidak heran jika posisi ini dalam bahasa Indonesia disebut sebagai tata graha. Seorang housekeeper perlu memastikan kenyamanan para tamu dan harus selalu siaga apabila ada tamu yang membutuhkan pelayanan. 

Housekeeper

Sumber Gambar: UMN

Tidak hanya berkutat pada room service saja, ranah housekeeper juga meliputi seluruh area hotel termasuk perbaikan elektronik dan keindahan hotel. Banyak peluang karir yang bisa dijajaki oleh lulusan perhotelan untuk menjadi seorang housekeeper. Mulai dari executive housekeeper, assistant housekeeper, order taker, floor supervisor, hingga housekeeper. Housekeeper juga bertanggung jawab pada area yang berbeda. Mulai dari public area (lobby, kolam renang, resto, dan fasilitas umum lainnya), room, laundry, linen maupun gardener. 

 

Travel Agent Service

Buat kamu yang hobinya healing plus traveling, mungkin karir yang satu ini sangat cocok. Lulusan perhotelan juga bisa bekerja menjadi seorang travel agent service. Seperti yang kita ketahui bahwa bisnis tour and travel di Indonesia sangat legit. Terlebih jika dibandingkan dari negara-negara di Asia Tenggara, pertumbuhan agen perjalanan khususnya online di Indonesia sangat tinggi. Tidak salah apabila travel agent service menjadi salah satu pilihan karir kamu selepas lulus kuliah. Jika dilihat dari fungsinya, travel agent bertindak sebagai organisator atau orang yang membantu merencanakan, memilih dan mengatur liburan bagi para wisatawan. 

travel-agents

Sumber Gambar: Edumor

Beberapa tugas agen perjalanan diantaranya sebagai berikut:

  • Memberi jasa bantuan atau berkomunikasi dengan klien dalam menentukan paket wisata yang akan dipilih. 
  • Menentukan biaya perjalanan dan akomodasi untuk wisatawan
  • Melakukan pemesanan transportasi dan hotel
  • Menawarkan ke konsumen akan penawaran paket wisata
  • Bekerjasama dengan pihak hotel dan tempat wisata
  • Memberikan masukan kepada klien terkait perlengkapan selama perjalanan

 

Receptionist Hotel

Jika kamu adalah orang yang punya jiwa melayani, receptionist hotel adalah pilihan karir yang cocok. Sesuai dengan namanya, resepsionis (receptionist) adalah orang yang bertugas untuk menerima tamu yang datang ke kantor atau hotel. Meskipun kedengarannya profesi ini mudah hanya melayani-melayani saja, tapi nyatanya tidak segampang itu kawan. Resepsionis ini adalah orang yang pertama ditemui tamu. Pasti kalian sudah familiar dong dengan frasa “tamu harap lapor” jadi biar tamu ini tidak kebingungan tentang gedung maupun tempat spesifik mana yang ingin dituju, maka disinilah peran dari receptionist kawan.

Receptionist-Hotel

Sumber Gambar: Pintaria

Ada tanggung jawab yang siap diemban oleh seorang receptionist hotel. Mulai dari menerima dan menyambut tamu, melayani keperluan tamu, menerima panggilan masuk yang ditujukan untuk divisi lain, melakukan tugas administrasi sederhana dan menerima serta meneruskan paket ataupun surat dari pihak luar. Jadi tugas resepsionis tidak segampang yang kalian pikirkan ya kawan. 

 

Baca juga : Kenali Jurusan Kuliah Bisnis dan Prospek Kerjanya

 

Front Office

Terakhir, profesi yang satu ini juga tidak kalah menarik lho kawan. Siapa sih yang tidak kenal dengan posisi Front Office? Konon katanya, profesi ini banyak diminati oleh kalangan lulusan perhotelan. Dalam sebuah hotel, posisi Front Office memiliki posisi strategis dimana semua departemen yang lain di dalam hotel tersebut harus berhubungan dan berkomunikasi secara intens demi kelancaran operasional. Nah, di posisi ini lulusan perhotelan belajar semua keahlian dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk memberikan pelayanan kepada tamu. Ditambah juga dengan berinteraksi kepada tamu untuk menyelesaikan keluhan dan masalah-masalah yang dihadapi oleh para tamu. Selain itu, front office juga bertugas dalam melakukan administrasi sederhana yang dibutuhkan oleh divisi lainnya.

Front-Office

Sumber Gambar: UMN

Jadi pemaparan diatas ternyata banyak sekali peluang kerja yang bisa kalian dapatkan sebagai lulusan perhotelan. Bukan hanya bekerja di ranah perhotelan saja kawan, justru lulusan perhotelan juga berkesempatan untuk membuka usaha sendiri sesuai dengan ilmu yang telah dipelajarinya. Apabila kamu masih duduk di bangku sekolah dan berencana untuk mempertimbangkan karir di hotel, industri pariwisata maupun hospitality, ada baiknya kamu bisa kuliah di Jurusan Perhotelan Universitas Multimedia Nusantara kawan. Kamu bisa mempelajari lebih lanjut jurusan perhotelan Universitas Multimedia Nusantara melalui official ite UMN. Disana kamu bisa memilih prosedur pendaftaran online sesuai dengan kriteriamu. Yuk, daftar sekarang dan mulai karir kamu bersama UMN!

 

Sumber:

 

By Reyvan Maulid | UMN News Service

Discover More About News

These articles might suits you.

Thursday, 18 January 2024

Manfaatkan AI Sebagai Peluang dan Inovasi dalam Dunia Kerja, Bukan Sebagai Ancaman

Tangerang, Sabtu (13/01) – Artificial Intelligence (AI) seolah menjadi dua mata pisau yang bisa melukai siapapun. Di satu sisi AI menjadi alat yang ma...

Read More

Thursday, 18 January 2024

MN Gandeng Astragraphia Sebagai Perjanjian Kerjasama Rekrutmen

Tangerang – UMN mulai bekerjasama dengan Astragraphia, kerja sama ini diresmikan pada (5/12). Kerjasama ini guna untuk terus meluaskan kerjasama rekru...

Read More

Thursday, 18 January 2024

UMN dan PT Eka Jaya Internasional Resmi Kerjasama Untuk Rekrutmen Mahasiswa dan Alumni

TANGERANG – Universitas Multimedia Nusantara (UMN) resmi melakukan kerja sama dengan PT Eka Jaya Internasional, melalui penandatanganan perjanjian ker...

Read More

Featured Content

Konten terbaru dari Instagram Pusat Karir UMN.