Skystar Ventures UMN Adakan Bootcamp, Bekali Mahasiswa Ilmu Bikin Startup

Last Updated February 10, 2023


Tangerang  – Skystar Ventures UMN telah mengadakan Bootcamp mulai Senin (30/1/2023) hingga Rabu (1/2/2023) sebagai tahap seleksi terakhir mahasiswa sebelum resmi masuk ke program inkubasi Batch X. 

Dalam Bootcamp, Skystar Ventures UMN memberikan sejumlah materi yang bermanfaat bagi mahasiswa ketika membangun startup. Materi tersebut yakni root-cause analysis, design thinking, setting the metrics and goals.

Pada hari pertama, peserta yang mendaftarkan diri sebagai individu diberikan kesempatan untuk mengenalkan ide bisnis mereka dan mencari tim yang sesuai. Sebanyak 23 mahasiswa berpartisipasi dalam program ini, dengan tiga orang di antaranya berasal dari Universiti Brunei Darussalam. 

Sebanyak delapan tim terbentuk dari sesi pengenalan dan pembagian tim tersebut.

Setelah peserta terbagi ke tim yang sesuai, mereka diberikan problem statement yang kemudian harus dianalisis menggunakan root-cause analysis. Root-cause analysis dapat membantu peserta menentukan masalah, mencari akar dari masalah itu, kemudian mengidentifikasi strategi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah itu, dikutip dari OESE.

Di hari kedua, peserta diajarkan tentang design thinking. Design thinking merupakan proses non-linear dan berulang yang digunakan tim untuk memahami konsumen produk mereka, mempertanyakan asumsi, mendefinisikan kembali masalah, pun menciptakan solusi inovatif untuk prototipe dan tes.

Menurut Interaction-Design Foundation, design thinking memiliki lima tahapan, yakni empathize, define, ideate, prototype, dan test

Pada hari ketiga, peserta diajarkan tentang setting the metrics and goals. Metrik berguna untuk memberikan gambaran objektif terkait perkembangan bisnis startup. 

Beberapa isu penting yang harus diukur ketika menjalankan startup yakni revenue, activation rate, customer acquisition cost (CAC), life-time value (LTV), retention, dan referral. 

Setelah melewati tahap Bootcamp, peserta yang lolos akan disambut dalam sesi Kick-Off untuk pembekalan program inkubasi selama enam bulan. 

Ingin tahu aktivitas terkini dari peserta program inkubasi? Ikuti Instagram kami di @skystarventures dan @skystarventuresprogram!

By Putu Wiena | Skystar Ventures

Discover More About News

These articles might suits you.

Thursday, 18 January 2024

Manfaatkan AI Sebagai Peluang dan Inovasi dalam Dunia Kerja, Bukan Sebagai Ancaman

Tangerang, Sabtu (13/01) – Artificial Intelligence (AI) seolah menjadi dua mata pisau yang bisa melukai siapapun. Di satu sisi AI menjadi alat yang ma...

Read More

Thursday, 18 January 2024

MN Gandeng Astragraphia Sebagai Perjanjian Kerjasama Rekrutmen

Tangerang – UMN mulai bekerjasama dengan Astragraphia, kerja sama ini diresmikan pada (5/12). Kerjasama ini guna untuk terus meluaskan kerjasama rekru...

Read More

Thursday, 18 January 2024

UMN dan PT Eka Jaya Internasional Resmi Kerjasama Untuk Rekrutmen Mahasiswa dan Alumni

TANGERANG – Universitas Multimedia Nusantara (UMN) resmi melakukan kerja sama dengan PT Eka Jaya Internasional, melalui penandatanganan perjanjian ker...

Read More

Featured Content

Konten terbaru dari Instagram Pusat Karir UMN.