Tips Kuliah Tepat Waktu, Kamu Wajib Tahu!

Last Updated September 15, 2022


Kuliah Tepat Waktu. Banyak mahasiswa yang menganggap kuliah hanya sebagai perpanjangan dari sekolah menengah, seperti lulus dari sekolah menengah pertama dan melanjutkan ke sekolah menengah atas. Mereka santai dan tidak menganggap serius kuliah. Tak mengherankan, tidak sedikit dari mereka mengulang sejumlah mata kuliah. Bahkan, ada yang lambat lulus kuliah dan terkena drop out. Jika kamu seorang mahasiswa saat ini (Sarjana, S-1, atau Pascasarjana), harap dipahami bahwa kuliah sangat berbeda dengan sekolah. Lulus dengan cepat tergantung seberapa keras kamu belajar dan mengatasi semua tantangan yang ada.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kamu menyelesaikan kuliah tepat waktu.

Memahami Tujuan Kuliah

Cara cerdas dan jitu supaya lulus kuliah tepat waktu adalah kamu harus memahami dan juga menyadari tujuan kuliah. Tentu saja tugas sebagai mahasiswa adalah harus belajar sehingga akan lebih fokus dengan hal-hal yang berkaitan dengan perkuliahan.

Hindari sejumlah kegiatan yang tidak terlalu penting dan juga cukup mengganggu waktu kuliah. Kamu juga harus tahu agar bisa lulus tepat waktu dengan hasil yang bagus perlu banyak pengorbanan. Sehingga sekarang fokus dengan tugas kamu sehingga bisa mencapainya dengan mudah.

Kenali Penawaran Program Kuliah

Kenali penawaran program kuliah dari Buku Pedoman Studi. Jangan abaikan Buku Pedoman Studi yang dibagikan di awal perkuliahan karena buku itu memuat daftar mata kuliah yang perlu diprogramkan di masing-masing semester. 

Untuk menyelesaikan perkuliahan tepat waktu selesaikan setiap mata kuliah untuk tiap semester dengan nilai yang baik. Jika ada mata kuliah yang tidak lulus, tentunya harus diulang lagi di tahun depannya, jadi akan mempengaruhi waktu kelulusan. Standar minimum untuk bisa lulus adalah dengan memperoleh nilai C.

Motivasi Diri untuk Rajin kuliah

Di perkuliahan, terdapat sistem pengambilan SKS (Satuan Kredit Semester) mata pelajaran. SKS ini bebannya lebih berat. Dengan mengambil satu SKS, berarti kamu harus belajar di kelas selama satu jam, belajar mandiri selama satu jam, dan mengerjakan tugas dalam satu jam.

Jadwal kuliah pun berbeda dengan sekolah yang padat. kamu bisa saja berkuliah pukul 7-9 pagi, kemudian mendapatkan jam kosong hingga pukul 3 sore. Biasanya hal inilah yang membuat seorang mahasiswa kemudian jarang masuk kelas.

Padahal, kelas di bangku perkuliahan lebih padat dengan materi yang jauh lebih banyak. Jadi jika tertinggal satu kelas saja, cukup banyak materi yang akan kamu lewatkan, dan dapat berdampak nilai yang kurang baik atau tidak lulus satu mata pelajaran.

Tidak lulus satu mata kuliah selanjutnya dapat memperlambat waktu kelulusan, karena tentunya kmau harus mengambilnya kembali di semester selanjutnya.

Tidak Hanya Rajin, Namun Juga Aktif di Kelas

Selain itu menjadi mahasiswa yang bisa menyelesaikan perkuliahan tepat waktu juga dapat dilakukan apabila yang bersangkutan mau menjadi aktif di kelas. Cara menjadi aktif adalah dengan berpartisipasi dalam kegiatan diskusi, menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan, menyelesaikan tugas dan membantu teman-teman lain untuk belajar memahami materi.

Aktif bertanya tips-tips mengikuti mata kuliah tertentu dari kakak angkatan juga merupakan strategi yang baik agar dapat menyelesaikan perkuliahan tepat waktu. Jangan remehkan keterampilan bertanya dan informasi yang kamu akan peroleh dari orang yang sudah pernah mengambil mata kuliah tersebut. Dengan bertanya, kamu dapat mengetahui tipe-tipe tugas dan kuis yang sering dikeluarkan dosen dan jadi bisa mengantisipasinya.

Perhatikan Jumlah SKS Minimal untuk Lulus

Di Indonesia, terdapat peraturan untuk mengambil 144 SKS jika ingin dinyatakan lulus dari suatu program studi. Oleh karena itu, kamu perlu merencanakan dari awal apa saja mata kuliah yang ingin diambil dan pastikan jumlahnya paling tidak 144 SKS.

Hal ini terkadang diabaikan sejumlah mahasiswa, yang kebanyakan mengambil mata kuliah hanya berdasarkan pilihan teman dekat dan ikut-ikutan.

Akibatnya, di tingkat akhir mereka baru menyadari bahwa SKS yang diambil belum cukup sehingga dan harus menambah beberapa semester lagi untuk menutupi kekurangan SKS tersebut.

Jadi, selagi masih berstatus mahasiswa baru atau tingkat awal, usahakan sudah memiliki rencana studi sendiri. Ingatlah, kemandirian sangat dituntut jika kamu ingin lulus kuliah tepat waktu.

Manajemen Waktu Yang Baik

Untuk bisa menyelesaikan perkuliahan tepat waktu, kamu juga perlu memiliki penjadwalan yang baik agar bisa belajar dengan maksimal. Sangat tidak disarankan untuk melakukan teknik kebut semalam di malam hari sebelum ujian. 

Sebaiknya, gunakan waktu setelah kelas untuk mereview materi karena ingatkan kamu tentang mata kuliah itu masih segar. Selain itu kamu bisa juga langsung diskusi dengan teman jika ada materi yang tidak kamu pahami.

Apabila merasa kurang mampu mengikuti perkuliahan, luangkan waktu untuk belajar ekstra. Jangan malu untuk mengulang-ngulang materi yang sudah dipelajari. Semakin sering dipelajari ulang, pemahamanmu juga akan meningkat.

Ciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif

Cara lain yang penting adalah dengan membuat lingkungan belajar yang positif dan saling mendukung dengan teman-teman. Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar waktu mahasiswa dihabiskan bersama dengan teman-temannya. Untuk itu jangan ragu-ragu untuk mengajak temanmu belajar bersama. 

Hal yang perlu kamu perhatikan adalah untuk tidak menertawai teman-temanmu yang belajar. Ketahuilah bahwa iklim positif akan terbentuk jika kamu dan teman-teman memandang belajar sebagai kegiatan menyenangkan.

Berpikir Jauh ke Depan

Untuk lebih termotivasi menyelesaikan masa studi tepat pada waktunya, cobalah luangkan waktu sejenak untuk memikirkan masa depan kamu setelah lulus kuliah. Apakah kamu ingin bekerja di perusahaan multinasional, bekerja di pemerintahan, atau menjadi pengusaha?

Dengan berpikir jauh ke depan, kamu jadi memiliki timeline hidup yang tentunya akan memotivasi kamu untuk lulus tepat waktu. Bangku perkuliahan merupakan persiapan besar untuk mewujudkan cita-cita kamu di masa depan.

Memiliki rencana setelah kuliah juga dapat membantu kamu menentukan mata kuliah apa saja yang kira-kira perlu kamu ambil selama masih berstatus mahasiswa.

Kebanyakan para mahasiswa berpikir mereka akan menemukan cita-citanya setelah lulus kuliah, hal ini pada akhirnya menjebak diri sendiri, dan membuat seseorang kurang memiliki tujuan yang jelas.

Pilih Teman dan Perlebar Koneksi

Bergaul dan membangun relasi memang penting di dunia perkuliahan, namun kamu juga harus cerdas dalam memilih teman yang akan memotivasi kamu untuk cepat lulus dan mengenakan toga.

Cobalah bergaul dengan teman yang cukup rajin, sehingga sadar atau tidak sadar, berada di dekatnya kamu selalu merasa malu karena kurang belajar dan akhirnya kamu belajar mandiri.

Bergaul dengan teman yang rajin berarti kamu telah berhasil mengelilingi diri kamu dengan energi positif. Strategi ini tidak sulit kamu lakukan sepanjang kamu ingin cepat lulus kuliah.

Berorganisasi memang cukup penting pula, tapi baiknya kamu juga belajar dari teman atau senior kamu yang pandai membagi waktu antara bergaul dan belajar. Perbanyak koneksimu agar ketika lulus nanti, kamu punya banyak informasi tentang pekerjaan atau jenis usaha yang bisa ditekuni bersama.

Konsisten

Setelah melakukan tips-tips sebelumnya, maka tahapan terpenting adalah konsistensi. Berusahalah untuk konsisten dalam menjalani kewajiban perkuliahanmu. Konsistenlah pada tujuan awalmu berkuliah, dan berusahalah untuk, konsisten dan berkembang dalam lingkup yang sesuai dengan tujuan. Dengan konsisten pada tujuan, maka kamu akan bisa menyelesaikan kuliah sesuai dengan target. Jaga konsistensimu dengan melakukan evaluasi goals setiap 3 atau 6 bulan sekali.

Demikian beberapa tips kuliah tepat waktu yang bisa kamu praktekan, semoga bisa mempermudah proses studimu, ya.

 

Discover More About News

These articles might suits you.

Thursday, 18 January 2024

Manfaatkan AI Sebagai Peluang dan Inovasi dalam Dunia Kerja, Bukan Sebagai Ancaman

Tangerang, Sabtu (13/01) – Artificial Intelligence (AI) seolah menjadi dua mata pisau yang bisa melukai siapapun. Di satu sisi AI menjadi alat yang ma...

Read More

Thursday, 18 January 2024

MN Gandeng Astragraphia Sebagai Perjanjian Kerjasama Rekrutmen

Tangerang – UMN mulai bekerjasama dengan Astragraphia, kerja sama ini diresmikan pada (5/12). Kerjasama ini guna untuk terus meluaskan kerjasama rekru...

Read More

Thursday, 18 January 2024

UMN dan PT Eka Jaya Internasional Resmi Kerjasama Untuk Rekrutmen Mahasiswa dan Alumni

TANGERANG – Universitas Multimedia Nusantara (UMN) resmi melakukan kerja sama dengan PT Eka Jaya Internasional, melalui penandatanganan perjanjian ker...

Read More

Featured Content

Konten terbaru dari Instagram Pusat Karir UMN.