Tips Memilih Universitas Swasta Terbaik

Last Updated July 04, 2022


Tips Memilih Universitas Swasta Terbaik. Kuliah memang tidak bisa di sembarang tempat. Namun apa jadinya jika Kamu salah memilih Universitas? Status negeri tidak selamanya menjamin kualitas suatu kampus. Ada juga kampus negeri yang kalah kualitasnya dengan kampus swasta.

Untuk Memilih Universitas Swasta Terbaik, kita bisa mengenali kualitas perguruan tinggi baik swasta maupun negeri melalui capaiannya menurut berbagai lembaga penilaian mutu perguruan tinggi. Hal tersebut dapat dijadikan acuan bagi para lulusan SMA-SMK sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan.

Berdasarkan hasil temuan penelitian tentang Strategi Mutu dan Daya Saing Perguruan Tinggi Swasta Dalam Menciptakan Keunggulan Bersaing (Studi Pada Universitas Swasta Berbasis IT di Bandung Jawa Barat), kita bisa melihat kualitas Perguruan Tinggi Swasta tersebut misalnya dari pemeringkatan Perguruan Tinggi.

Baca Juga: Tips Lolos Seleksi Ujian Masuk PTS

1. Perhatikan Akreditasi Kampus dan Jurusan Tujuan saat memilih universitas swasta

Tips memilih universitas swasta terbaik yang pertama adalah dengan memperhatikan akreditasi kampus dan jurusan yang kamu inginkan. Akreditasi hal yang sangat penting diketahui, semakin tinggi akreditas suatu PTS tentu citra dan lulusannya juga memiliki kualitas. Layaknya sebuah mobil, semakin bagus brand mobil tersebut tentu juga memberikan kualitas yang bagus juga. Dalam dunia pekerjaan, perusahaan biasanya mensyarakatkan standar karyawan yang akan mereka rekrut memiliki minimal akreditasi institusi yang baik. Biasanya mereka akan membuat patokan minimal akreditasi B, atau bahkan harus Akreditasi A bagi calon karyawan pada perusahaan tertentu. Perlu kamu ketahui, akreditasi dibedakan menjadi kelompok Akreditasi A (sangat baik), Akreditasi B (baik), Akreditasi C (kurang), dan belum terakreditasi. Peringkat akreditasi suatu perguruan dapat di lihat di website BAN – PT.

2. Perhatikan Peringkat PTS saat memilih universitas swasta

Berikutnya, tips memilih universitas swasta terbaik adalah dengan mengetahui peringkat kampus incaran. Peringkat adalah hal yang mungkin saja diabaikan pendaftar, karna dirasa kurang begitu penting. Padahal, semakin tinggi peringkat perguruan tinggi tersebut, tentu kualitas juga semakin bagus. Banyak lembaga – lembaga pemeringkat PT baik nasional maupun internasional, seperti Kemenristekdikti, Webometrics, 4ICU dan lainya.

3. Pertimbangkan Biaya Kuliah saat memilih universitas swasta

Tips memilih universitas swasta terbaik yang ini berhubungan dengan uang. Hal yang tidak terpisahkan dari kualitas PTS adalah biaya kuliah. Karna PTS punya kualitas mereka juga punya harga. Kualitas yang bagus dibarengi dengan biaya kuliah yang sedikit lebih mahal.

Karna PTS akan memberikan fasilitas yang lebih dari PTS yang lain, bahwa akan menyamai fasilitas yang diberikan oleh PTN.

4. Lihat Lokasi PTS saat memilih universitas swasta

Tips memilih universitas swasta terbaik berikutnya adalah lokasi kampus pilihanmu. Pastikan, apakah di sekitar daerah tempat tinggal sekarang ada PTS yang berkualitas, atau di provinsi domisili. Kalau tidak ada, baru mencari PTS lain diluar daerah atau bahkan diluar pulau. Karna ini menyangkut biaya yang nantinya akan di keluarkan untuk melanjutkan study ke PTS.

5. Perhatikan Kualitas dosen pengajar

Untuk kualitas dosen di program studi yang dipilih pun bisa dilihat di website resmi program studi dan universitas yang dituju. Dalam website itu biasanya bisa mengetahui kualitas dosen-dosen melalui profil yang tersedia. Biasanya bisa dilihat profil dosen tersebut melalui Google bisa diketahui  karya-karya ilmiah yang sudah diterbitkan. Dalam memilih universitas swasta terbaik, kamu harus memperhatikan juga point ini ya.

6. Pertimbangkan Prospek kerja lulusan prodi

Nah yang tidak kalah penting, tentunya prospek kerja. Untuk memilih universitas swasta terbaik, kamu juga harus mempertimbangkan prospek kerja. Prospek kerja ini bisa menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih jurusan. Selain mengetahui prospek kerja, kita bisa mendapatkan pandangan lain untuk memilih program karena bisa menajdi semakin mantap memilih program s studi setelah mengetahui prospek kerja.

7. Lihat Fasilitas program studi

Fasilitas pendukung di program studi yang dipilih bisa menjadi pertimbangan, fasilitas-fasilitas yang tersedia seperti perpustakaan, ruang belajar, pembimbing akademik, beasiswa dan lainnya tentunya akan menambah kualitas belajar. Kita bisa mencari tahu dengan riset di internet, berdiskusi dengan kakak kelas, maupun mencari tahu langsung ke kampus program studi terkait.

8. Ketahui Kualitas Kegiatan Kemahasiswaan

Prestasi pada lomba Nasional dan internasional serta jumlah capaian (emas, perak dan perunggu) pada PIMNAS.

Terakhir adalah harus sesuai dengan passion dan cita-cita, karena kalau tidak suka dengan program studi yang dipilih biasanya jalannya perkuliahan tidak akan lancar. Maka calon mahasiswa harus yakin dengan passion yang di miliki sesuai dengan program studi yang dipilih. Selain passion, memiliki cita-cita yang jelas tentu akan menambah semangat. Cita-cita akan menjadi penyemangat dan “bahan bakar” agar bisa menuntut ilmu di program studi yang kamu pilih.

9. Jangan tertipu iklan PTS !

Biasanya iklan dibuat semenarik mungkin agar pelajar yang baru lulus tertarik untuk mendaftar. Berbagai macam yang akan di tawarkan, mulai dari potongan biaya kuliah, pemberian beasiswa, hingga janji yang diberi tanpa bukti. Karna iklan yang menarik belum tentu memberikan kualitas PTS yang bagus.

 

Baca Juga: Program Studi UMN dan Penjelasannya

Itulah beberapa tips yang wajib dicoba untuk mencari PTS yang berkualitas, gak ada salahnya untuk membuat riset kecil – kecilan untuk menemukan PTS yang berkualitas.Kuliah di PTN atau di PTS tidak menentukan kesuksesan, melainkan kerja keras, belajar serius & cari pengalaman sebanyaknya – banyaknya. 

Kamu bisa mempelajari lebih lanjut tentang informasi menarik lainnya melalui official website UMN. Di website tersebut kamu juga bisa memilih prosedur pendaftaran online sesuai dengan kriteriamu. Yuk, daftar sekarang dan mulai karir kamu bersama UMN!

 

Sumber: 

Discover More About News

These articles might suits you.

Thursday, 18 January 2024

Manfaatkan AI Sebagai Peluang dan Inovasi dalam Dunia Kerja, Bukan Sebagai Ancaman

Tangerang, Sabtu (13/01) – Artificial Intelligence (AI) seolah menjadi dua mata pisau yang bisa melukai siapapun. Di satu sisi AI menjadi alat yang ma...

Read More

Thursday, 18 January 2024

MN Gandeng Astragraphia Sebagai Perjanjian Kerjasama Rekrutmen

Tangerang – UMN mulai bekerjasama dengan Astragraphia, kerja sama ini diresmikan pada (5/12). Kerjasama ini guna untuk terus meluaskan kerjasama rekru...

Read More

Thursday, 18 January 2024

UMN dan PT Eka Jaya Internasional Resmi Kerjasama Untuk Rekrutmen Mahasiswa dan Alumni

TANGERANG – Universitas Multimedia Nusantara (UMN) resmi melakukan kerja sama dengan PT Eka Jaya Internasional, melalui penandatanganan perjanjian ker...

Read More

Featured Content

Konten terbaru dari Instagram Pusat Karir UMN.