UMN x KOICA Kedatangan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang Beserta Tim Guna Membahas Bersama Program KSU 4 IRTC

Last Updated June 16, 2022


Foto bersama UMN – KOICA – Dinas Tenaga Kerja Kab.Tangerang (Dok. UMN)

TANGERANG – Universitas Multimedia Nusantara bersama Program Manager Korea International Cooperation Agency Indonesia (KOICA Indonesia) dan Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang beserta tim melakukan Meeting Evaluasi Program KSU 4 IRTC. 

Rangkaian kunjungan monitoring dan evaluation program KSU 4 IRTC berlanjut setelah diskusi bersama antara jajaran pimpinan UMN dengan perwakilan KOICA di hari pertama. Belum selesai, di hari pertama, perwakilan KOICA dan perwakilan dosen pengajar program KSU 4 IRTC di UMN mengikuti Focus Group Discussion (FGD). Melanjutkan rangkaian acara, di hari kedua, UMN kembali kedatangan perwakilan dari KOICA, Ms. Lee Sunyoung (Program Manager KOICA) dan tamu tambahan Bapak Rudi Hartono, MT., selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja Kab.Tangerang beserta tim.

Meeting kedua di hari pertama, Selasa (9/6/22), tak hanya diskusi biasa yang berlangsung, tetapi Focus Group Discussion (FGD) juga dijalankan dalam meeting kedua ini. FGD ini bertujuan untuk menyamakan frekuensi antara penyedia program dalam hal ini (KOICA) dan pelaksana program (Dosen Pengajar UMN). FGD yang dijalankan hari itu, melibatkan ice breaking yang cukup unik juga. 

Setiap orang yang ingin berbicara atau mengungkapkan pendapatnya harus mengangkat kertas berwarna kecil dan nanti Ms. Lee akan mengambil kertasnya. Tak hanya berhasil membuat suasana diskusi ringan, tetapi ice breaking ini membuat Ms.Lee juga harus berolahraga sedikit, berlari memutari meja rapat mengambil kertas dari dosen yang ingin menyampaikan pendapatnya. Namun, jika ini membuat suasana diskusinya fun, mengapa tidak?  

Dalam FGD tersebut, segala permasalahan, mulai dari timeline waktu trainingnya, permasalahan metode pembelajaran online yang membosankan, hingga tentang beberapa partisipan yang ketinggalan materi pembelajaran. Semuanya dibicarakan hingga tuntas. 

Begitu juga dengan solusinya seperti, meningkatkan mood pembelajaran dengan modifikasi pribadi dari dosen pengajar lewat contoh konkret dan percobaan/eksperimen sendiri dan pemberlakuan screening kompetensi partisipan sebelum memulai training. Kemudian setelah FGD selesai, menutup hari pertama rangkaian acara diskusi, Ms.Lee memberikan survei untuk mengetahui level kepuasan dosen pengajar yang mengikuti program KSU 4 IRTC.

Meeting bersama antara UMN – KOICA – Dinas Tenaga Kerja Kab.Tangerang (Dok. UMN)

Di hari kedua, Rabu (10/6/22), selain dari pihak Ms. Lee selaku program Manager KOICA. UMN juga kedatangan tamu baru dari Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang, Bapak Rudi Hartono, MT., beserta tim. Bapak Rudi Hartono dan tim Disnaker memang sengaja diundang untuk meeting evaluasi dan memberikan tanggapan mengenai program KSU 4 IRTC. 

Bersama pihak UMN dan KOICA yang membantu menjelaskan mengenai program KSU 4 IRTC secara menyeluruh, baik itu dari sisi rencana keberlanjutannya, permasalahan yang sedang dihadapi, dan solusi yang bisa diaplikasikan untuk lebih mengembangkan dan mengenalkan program KSU 4 IRTC kepada mahasiswa dan masyarakat. 

Menanggapi program KSU yang disampaikan tersebut, Kepala Disnaker (Kadisnaker) Kab.Tangerang, Bapak Rudi Hartono mengatakan, “Program KSU 4 IRTC selaras dengan usaha dari Disnaker mengentaskan pengangguran di Kab.Tangerang.” 

Dalam kesempatan evaluasi bersama tersebut, Kepala Disnaker beliau beserta tim juga memberi apresiasi yang tinggi atas program KSU yang berbasis free training ini. Beliau juga berjanji akan menyebarluaskan informasi tentang program KSU 4 IRTC ini kepada masyarakat di Kab. Tangerang, khususnya para lulusan Perguruan Tinggi yang saat ini masih menganggur. 

By : Iglo Montana | UMN News Service

Discover More About News

These articles might suits you.

Thursday, 18 January 2024

Manfaatkan AI Sebagai Peluang dan Inovasi dalam Dunia Kerja, Bukan Sebagai Ancaman

Tangerang, Sabtu (13/01) – Artificial Intelligence (AI) seolah menjadi dua mata pisau yang bisa melukai siapapun. Di satu sisi AI menjadi alat yang ma...

Read More

Thursday, 18 January 2024

MN Gandeng Astragraphia Sebagai Perjanjian Kerjasama Rekrutmen

Tangerang – UMN mulai bekerjasama dengan Astragraphia, kerja sama ini diresmikan pada (5/12). Kerjasama ini guna untuk terus meluaskan kerjasama rekru...

Read More

Thursday, 18 January 2024

UMN dan PT Eka Jaya Internasional Resmi Kerjasama Untuk Rekrutmen Mahasiswa dan Alumni

TANGERANG – Universitas Multimedia Nusantara (UMN) resmi melakukan kerja sama dengan PT Eka Jaya Internasional, melalui penandatanganan perjanjian ker...

Read More

Featured Content

Konten terbaru dari Instagram Pusat Karir UMN.