VIT C: Mahasiswa UMN, Generasi Muda Bebas Narkoba

Last Updated October 05, 2016


Sebagai kampus bebas narkoba, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) secara aktif mengadakan berbagai kegiatan untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di lingkungan kampus. Salah satunya adalah dengan mengadakan seminar dan penyuluhan anti narkoba bagi mahasiswa yang dibawakan Direktur Peran Serta Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN), Sinta Dame Simanjuntak yang dilaksanakan pada Selasa (4/10) di Function Hall UMN.

Peredaran dan penyalahgunaan narkoba merupakan hal serius yang harus segera ditangani. Bagaimana tidak, menurut data yang dimiliki oleh BNN jumlah korban akibat penyalahgunaan narkoba rata-rata mencapai 40 hingga 45 orang setiap harinya atau 18 ribu orang meninggal per bulannya di Indonesia. Remaja dan mahasiswa termasuk dalam angka ini.

Padahal menurut Sinta, mahasiswa merupakan ujung tombak perekonomian Indonesia. Mahasiswa merupakan masa depan bangsa ini. “Bila kalian menggunakan narkoba, badan dan otak kalian perlahan-lahan akan rusak. Kalau sudah rusak, bagaimana bisa kalian menjadi ujung tombak Indonesia? Itulah sebabnya saya di sini ingin sharing mengenai bahaya narkoba pada kalian,” ungkap Sinta.

Dalam seminar bertajuk “Generasi Muda Bebas Narkoba” ini, Sinta pun mengungkapkan bahwa pada dasarnya setiap individu bisa memiliki keinginan untuk menggunakan narkoba karena manusia punya keenderungan untuk coba-coba. “Selain faktor dari diri sendiri bisa ada juga 2 faktor lain yang bisa mempengaruhi seseorang untuk menggunakan narkoba, yaitu faktor lingkungan dan ketersediaan narkoba,” jelasnya. Itulah sebabnya menurut Sinta, kontrol diri menjadi sangat penting untuk mencegah seseorang menggunakan narkoba.

Namun, apabila seseorang terlanjur mengenal dan menggunakan narkoba mencari Tuhan dalam kegiatan beragama dan berolahraga bisa menjadi solusi untuk memutuskan ketergantungan narkoba. Shinta mengatakan kegiatan yang melibatkan fisik seperti berolaharaga mampu menproduksi lebih banyak hormone endorphin yang efeknya bisa lebih menyenangkan dibandingkan menggunakan narkoba.

Dalam sesi akhirnya Sinta mengajak mahasiswa UMN untuk juga menjadi duta anti narkoba. Dengan demikian, akan lebih banyak generasi muda Indonesia yang selamat dari jerat narkoba. Acara seminar ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan Vit C kredibel. (*)

by Grace Natali – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Discover More About News

These articles might suits you.

Thursday, 18 January 2024

Manfaatkan AI Sebagai Peluang dan Inovasi dalam Dunia Kerja, Bukan Sebagai Ancaman

Tangerang, Sabtu (13/01) – Artificial Intelligence (AI) seolah menjadi dua mata pisau yang bisa melukai siapapun. Di satu sisi AI menjadi alat yang ma...

Read More

Thursday, 18 January 2024

MN Gandeng Astragraphia Sebagai Perjanjian Kerjasama Rekrutmen

Tangerang – UMN mulai bekerjasama dengan Astragraphia, kerja sama ini diresmikan pada (5/12). Kerjasama ini guna untuk terus meluaskan kerjasama rekru...

Read More

Thursday, 18 January 2024

UMN dan PT Eka Jaya Internasional Resmi Kerjasama Untuk Rekrutmen Mahasiswa dan Alumni

TANGERANG – Universitas Multimedia Nusantara (UMN) resmi melakukan kerja sama dengan PT Eka Jaya Internasional, melalui penandatanganan perjanjian ker...

Read More

Featured Content

Konten terbaru dari Instagram Pusat Karir UMN.