Kegiatan Non-Akademik yang Bisa Membuatmu Glow-Up

Last Updated July 04, 2022


 

Kegiatan Non-Akademik yang Bisa Membuatmu Glow-Up. Memasuki dunia perkuliahan, kamu akan disuguhi tantangan baru yang berbeda dari jaman sekolah. Jika masa SMA, kamu memiliki jadwal yang lebih teratur dan padat, maka dunia perkuliahan akan mengajarkanmu untuk bisa mengelola waktu. Kamu memiliki kekuasaan penuh untuk mengambil jumlah SKS (Satuan Kredit Semester) yang disesuaikan pula jadwalnya. 

Dengan fleksibilitas waktu yang kamu miliki, kamu harus bisa membagi waktu antara perkuliahan dan kegiatan non-akademik yang bisa menunjang keberlangsungan karirmu di masa depan. Jangan sampai kamu hanya menghabiskan waktu bermain, tapi lupa melakukan kegiatan Non-Akademik yang Bisa Membuatmu GLow Up secara finansial dan emosional nantinya.

Berikut rekomendasi kegiatan non-akademik yang bisa membantu personal kamu glow up dan membantumu untuk menapaki karir yang lebih nyaman.

Baca Juga: UKM UMN Rencang dan Medical Center Peduli: Asa Untuk Sesama

 

Kegiatan non-akademik 1 : Bergabunglah dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) 

Kegiatan non-akademik pertama yang pasti banyak dipilih oleh mahasiswa baru adalah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Dapat dikatakan bahwa UKM di SMA merupakan kegiatan ekstrakurikuler. Di sini kamu bisa mengembangkan minat dan bakat sesuai dengan keahlian dan bidang minat kamu. Kampus memiliki berbagai macam UKM. Mulai dari kegiatan ilmiah, olahraga, pecinta alam, seni, jurnalistik, dan lainnya. Kamu tidak hanya akan belajar mengembangkan minat dan bakat saja, tetapi kamu juga akan memiliki kesempatan untuk membangun hubungan baru dengan orang-orang baru. Dan tentunya relasi ini akan membantu kamu mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi.

Kegiatan non-akademik 2: Berpartisipasi dalam Organisasi Kampus 

Siapa bilang partisipasi dalam organisasi kampus  hanya hiburan? Kamu akan belajar banyak ketika bergabung dengan organisasi kampus seperti BEM (Badan Eksekutif MAhasiswa). Dengan bergabung dalam organisasi kampus, kamu dapat mempelajari banyak hal, antara lain: Belajar bekerjasama antar anggota kelompok untuk mencapai tujuan bersama, belajar berdiskusi dengan baik, belajar berpendapat, dan berani mengemukakan pendapat. Ya, kamu juga akan belajar tentang birokrasi kampus. Jadi jangan lewatkan organisasi kampus! Selain itu, organisasi tingkat kampus seperti BEM ini juga seringkali mengadakan pertemuan dan kerjasama dengan BEM dari kampus lain. Dengan begitu koneksimu akan semakin meluas tidak hanya di kampus sendiri saja.

Kegiatan non-akademik 3: Ikut serta dalam proyek Dosen 

Jika kamu kuliah, lakukan ini sesering mungkin. Dipresentasikan proyek. Apa sih maksud dari proyek ini? Biasanya, hal ini masuk ke dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu poin penelitian dan pengembangan, dan juga poin pengabdian masyarakat

Meskipun masih dalam kerangka akademis, namun tidak sering proyeknya bervariasi, tidak terpaku dengan pengajaran saja. Proyek ini akan mempertemukan kamu dengan banyak orang baru dan perspektif baru terkait topik proyek tersebutt. Dengan mengikuti project ini, seringkali mahasiswa tidak hanya memperdalam ilmu teori yang diperoleh di kelas, tetapi juga akhirnya memiliki pengalaman bekerja sebagai seorang profesional di bidang yang digeluti. 

Kegiatan non-akademik 4: Belajar Menangani Event lewat Kepanitian Kampus

Jika kamu sibuk dengan kegiatan dan merasa waktu belajar di kampus tidak konsisten dan kamu tidak ingin berpartisipasi dalam organisasi  kampus, Kamu sebenarnya dapat berpartisipasi dalam Kepanitian Kampus. Dengan bergabung dalam kepanitiaan yang sifatnya tidak terikat ini, kamu dapat belajar sedikit banyak bagaimana mengatur orang, tetapi mereka tidak terlalu mengikat dan tidak terbatas pada satu organisasi. Bergabunglah dengan kepanitiaan kampus untuk belajar mengorganisir sebuah acara dan bertanggung jawab. Pelajari tentang tugas, seperti tanggung jawab dan konsistensi dari awal hingga akhir. 

Kegiatan non-akademik 5: Tantang dirimu dalam program pertukaran pelajar

Jika kamu menginginkan sesuatu yang lebih keren, bergabunglah dengan Program Pertukaran Pelajar. Program yang satu ini biasanya ditawarkan oleh pihak kampus yang bekerjasama dengan program kampus lain. Jika kampus kamu tidak menawarkan program yang satu ini, kamubisa mencari program pertukaran  di luar kampus. Ada banyak jenis dari program pertukaran pelajar, ada yang bisa dilakukan dalam beberapa bulan, ada yang bisa dilakukan selama setahun, ada yang berbayar, dan ada  yang gratis. Mengikuti program pertukaran pelajar menawarkan banyak manfaat, seperti bertemu  orang baru, belajar adaptasi, belajar di luar negeri, serta belajar dan meningkatkan kemampuan bahasa asing. 

Tunggu apa lagi mumpung  masih  kuliah dan punya banyak kesempatan untuk mencoba, kan? Ikuti programnya sekarang! Jangan sampai menyesalinya setelah lulus kuliah nanti. KArena pengalamanmu sebagai peserta pertukaran pelajar ini bisa membantumu untuk mendapatkan kredibilitas publik ketika melamar pekerjaan nanti.

Kegiatan non-akademik 6: Bentuk kepekaan sosialmu dengan bergabung menjadi relawan

Jika tujuanmu menjadi pribadi yang glow up setelah lulus kuliah, sebaiknya jangan lewatkan yang satu ini. Asah kepekaan sosialmu lewat program relawan. Ada banyak manfaat untuk berpartisipasi dalam program relawan. Kamu juga  bisa  menjadi pribadi yang lebih baik! Ketika kamu berpartisipasi dalam kegiatan relawan, kamu belajar untuk bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, orang-orang.Berpartisipasi dalam Program Sukarelawan juga mengajarkan kamu untuk berempati dengan masalah yang dihadapi oleh orang lain. Misalnya, jika kamu menjadi relawan pengajar, kamu juga akan belajar berempati dengan anak-anak yang tidak memiliki  kesempatan untuk mengenyam pendidikan yang sama denganmu. Selain itu, program relawan membantu kamu mengetahui fenomena sosial yang sedang terjadi sekaligus melatih kamu menemukan solusinya. Kemampuan ini akan sangat dibutuhkan ketika kamu berada di lingkungan kerja profesional nanti.

Kegiatan non-akademik 7: Sesekali tantang dirimu lebih jauh lewat Kompetisi

JIka kamu menyukai tantangan, jangan lewatkan yang satu ini. Kompetisi ini tidak terbatas pada jurusan kamu saja. Jika kamu suka menulis, kamu dapat mengikuti kontes menulis. Jika kamu suka menggambar, ikuti kontes melukis dan banyak lagi. Kamu dapat belajar banyak dengan berpartisipasi dalam turnamen. Kamu dapat belajar bagaimana memenangkan kompetisi, membuat suatu karya terbaik, menerima kekalahan, dan banyak lagi. Karena itu, kamu tidak akan kehilangan apa pun jika berpartisipasi dalam kompetisi. Kalau menang malah dapat keuntungan tambahan, ya kan!

Kegiatan non-akademik 8: Pelajari dunia kerja dengan mengikuti program magang

Jika kamu seorang mahasiswa, sangat penting bagi kamu untuk berpartisipasi dalam program magang. Seperti yang kamu tahu, mahasiswa memiliki banyak liburan. Lebih baik mengikuti program magang, daripada terus-menerus menghabiskan banyak waktu di media sosial. Kamu tidak hanya dapat menghasilkan uang, tetapi juga dapat bisa belajar banyak  dari program ini. Selama magang, kamu akan belajar bekerja secara profesional, memahami  pekerjaan di dunia kerja, dan mengembangkan soft dan hard skill terkait pekerjaan. 

Selain itu, seringkalai mahasiswa magang bisa berlanjut kerja di perusahaan tempat mereka magang tersebut. Itu keberuntungan bonus yang bisa kamu dapatkan. Tapi yang pasti, magang bisa membuka wawasanmu tentang bagaimana dunia profesional yang serba tidak ideal ini, sehingga kamu tidak terlalu kaget ketika memasukinya kelak.

 

Demikian pembahasan kegiatan non-akademik yang bisa membantumu glow-up. Percayalah, jika kemampuan akademis saja tidak bisa menjadi amuni utama dalam menapaki karir nanti. Bahkan banyak persyaratan beasiswa ternama dalam dan luar negeri yang menjadikan kegiatan non-akademik ini sebagai slah satu penilaiannya. So, saatnya kamu belajar menyeimbangkan waktu akademik dan non-akademik agar keduanya bisa selaras berjalan.

Kamu bisa mempelajari lebih lanjut tentang informasi menarik lainnya melalui official website UMN. Di website tersebut kamu juga bisa memilih prosedur pendaftaran online sesuai dengan kriteriamu. Yuk, daftar sekarang dan mulai karir kamu bersama UMN!

 

Sumber: 

Discover More About News

These articles might suits you.

Thursday, 18 January 2024

Manfaatkan AI Sebagai Peluang dan Inovasi dalam Dunia Kerja, Bukan Sebagai Ancaman

Tangerang, Sabtu (13/01) – Artificial Intelligence (AI) seolah menjadi dua mata pisau yang bisa melukai siapapun. Di satu sisi AI menjadi alat yang ma...

Read More

Thursday, 18 January 2024

MN Gandeng Astragraphia Sebagai Perjanjian Kerjasama Rekrutmen

Tangerang – UMN mulai bekerjasama dengan Astragraphia, kerja sama ini diresmikan pada (5/12). Kerjasama ini guna untuk terus meluaskan kerjasama rekru...

Read More

Thursday, 18 January 2024

UMN dan PT Eka Jaya Internasional Resmi Kerjasama Untuk Rekrutmen Mahasiswa dan Alumni

TANGERANG – Universitas Multimedia Nusantara (UMN) resmi melakukan kerja sama dengan PT Eka Jaya Internasional, melalui penandatanganan perjanjian ker...

Read More

Featured Content

Konten terbaru dari Instagram Pusat Karir UMN.