Studi Pelacakan Alumni ? Yuk Cari Tau Ngapain aja !

Last Updated March 20, 2022


Universitas Multimedia Nusantara (UMN) sebagai salah satu institusi perguruan tinggi yang memiliki semboyan “Excellent Career Begins with Excellent Education", UMN selalu berupaya untuk terus meningkatkan mutu pendidikan. Dengan terus meningkatkan mutu pendidikan diharapkan lulusan UMN akan dapat memenuhi kualifikasi yang ditetapkan oleh perusahaan tempat mereka bekerja. Untuk itulah UMN melaksanakan Tracer Studi sebagai salah satu upaya evaluasi, perbaikan dan peningkatkan mutu kurikulum pendidikan, kompetensi hard skill dan soft skill lulusan, serta fasilitas kampus yang mendukung.
Tracer Studi adalah studi pelacakan jejak lulusan/alumni yang dilakukan 1 - 2 tahun setelah lulus dan bertujuan untuk mengetahui outcome pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja, situasi kerja terakhir, keselarasan dan aplikasi kompetensi di dunia kerja.
Selain itu, pelaksanaan Tracer Studi di perguruan tinggi bermanfaat untuk mengetahui seberapa cepat lulusan UMN terserap dalam dunia kerja dan mengetahui link and match antara dunia pendidikan dan dunia kerja dan mengetahui posisi bidang kerja yang terkini dari alumni.
Pada  tahun  2021,  target  responden Tracer Studi adalah alumni UMN yang   lulus

Pada  tahun  2021,  target  responden Tracer Studi adalah alumni UMN yang   lulus   pada   tahun   2019   dan 2020. Sebanyak 916 alumni atau sekitar 74% dari populasi lulusan 2019 yang berasal dari Program Studi Akuntansi, Manajemen, Informatika, Sistem Informasi, Teknik Komputer, Ilmu Komunikasi, Desain Komunikasi Visual dan Film telah mengisi Tracer Studi. Untuk lulusan tahun 2020, sebanyak 1045 atau sekitar 81% dari populasi lulusan 2020, dengan tambahan lulusan dari Program Studi Teknik Fisika, Teknik Elektro, Jurnalistik dan Arsitektur. Berikut akan disampaikan hasil dari Tracer Studi yang telah dilakukan.  pada   tahun   2019   dan 2020. Sebanyak 916 alumni atau sekitar 74% dari populasi lulusan 2019 yang berasal dari Program Studi Akuntansi, Manajemen, Informatika, Sistem Informasi, Teknik Komputer, Ilmu Komunikasi, Desain Komunikasi Visual dan Film telah mengisi Tracer Studi. Untuk lulusan tahun 2020, sebanyak 1045 atau sekitar 81% dari populasi lulusan 2020, dengan tambahan lulusan dari Program Studi Teknik Fisika, Teknik Elektro, Jurnalistik dan Arsitektur. Berikut akan disampaikan hasil dari Tracer Studi yang telah dilakukan.

 

Masa Tunggu Mendapatkan Pekerjaan Pertama

Masa tunggu mendapatkan pekerjaan pertama merupakan indikator yang penting karena menunjukkan keberhasilan alumni dalam bersaing di dunia kerja. Hal tersebut sekaligus menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan perguruan tinggi dalam memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswanya.


Menilik hasil Tracer Study, dapat dilihat bahwa lulusan tahun 2020 membutuhkan waktu sedikit lebih lama    dari    lulusan    2019    untuk mendapatkan pekerjaan. Hal merupakan imbas dari terjadinya pandemi Covid-19, dimana efek dari pandemi ini adalah adanya pembatasan rekrutmen dari pihak perusahaan. Meskipun demikian , waktu rata-rata masa tunggu lulusan UMN masih tergolong baik karena durasinya lebih pendek dari standar yang ditetapkan Kemendikbud, yaitu 6 bulan setelah kelulusan.

Status Bekerja Lulusan

Status bekerja lulusan merupakan salah satu indikator yang paling penting dalam Tracer Study. Status bekerja pada Tracer Study ini mencakup bekerja pada suatu perusahaan atau institusi baik profit maupun non profit atau berwirausaha menjalankan bisnis sendiri.

Menilik data yang disampaikan, jumlah lulusan UMN yang bekerja jika dibandingkan  dari  lulusan  2019  ke 2020     menurun     sebanyak     13%, sebaliknya lulusan yang berwiraswasta justru mengalami peningkatan  sebanyak  15%.  Hal  ini juga merupakan imbas dari adanya pembatasan rekruitmen perusahaan akibat   pandemi   Covid-19.   Hal   ini menunjukkan bahwa meskipun keadaan ekonomi dan dunia kerja terguncang akibat pandemi Covid-19, lulusan UMN tidak hanya berdiam diri namun memiliki inisiatif yang tinggi untuk mencari alternatif pekerjaan lainnya.

 

Skala Perusahaan Tempat Bekerja

Kategori perusahaan bisa dibedakan menurut cakupan wilayah usahanya, apakah hanya lokal di sebagian wilayah Indonesia, nasional di seluruh wilayah Indonesia atau juga merambah keluar Indonesia atau di luar negeri.

Jika dijumlah lulusan yang bekerja di perusahaan nasiional dan multinasional mencapai > 70%. Capaian ini baik bagi UMN yang masih tergolong perguruan tinggi muda, yang baru berusia 15 (lima belas) tahun.

Kesesuaian Pekerjaan Lulusan UMN dengan Pendidikannya

Kesesuaian kuliah dengan pekerjaan atau keselarasan horisontal menjadi dasar yang cukup berarti bagi alumni dalam menjalani kehidupan kerja. Dengan terciptanya kesesuaian, alumni akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan ilmu yang mereka miliki. Bagi perguruan tinggi kesesuaian kuliah akan berdampak pada ketepatan Prodi yang mereka jalankan dalam setiap kurikulumnya. Mayoritas alumni UMN menjalani pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi dan kapabilitas pendidikan yang sesuai.

 

Keselarasan Vertikal (Kesesuaian Antara Tingkat Pendidikan dan Pekerjaan)

Keselarasan Vertikal merupakan indikator yang menunjukkan kesesuaian antara tingkat pendidikan dan pekerjaan.
Sebanyak lebih dari 80% responden menjawab bahwa pekerjaan mereka sudah sesuai dengan tingkat pendidikan, bahkan ada sekitar 7- 10%    responden    yang    menjawab bahwa pekerjaan mereka saat ini membutuhkan kompetensi pendidikan yang lebih tinggi.
Hal ini menunjukkan bahwa kualitas lulusan atau alumni UMN cukup baik karena mampu melakukan pekerjaan yang menuntut keahlian yang lebih tinggi.

 

Pelaksanaan Tracer Studi 2022

Pada tahun 2022, Tracer Studi kembali dilaksanakan untuk mendapatkan feedback atas lulusan tahun  2021.  Kepada  seluruh  lulusan 2021 diharapkan partisipasinya untuk bersedia mengisi survei Tracer Studi.
 

Kontak UMN

021 - 5422 0808
chat.umn.ac.id
0822-9797-2011

CDC UMN 
0878 7227 9119
[email protected]

Alumni Relations 
alumni.umn.ac.id

Scholarship UMN 
[email protected]

 


 

Discover More About News

These articles might suits you.

Thursday, 18 January 2024

Manfaatkan AI Sebagai Peluang dan Inovasi dalam Dunia Kerja, Bukan Sebagai Ancaman

Tangerang, Sabtu (13/01) – Artificial Intelligence (AI) seolah menjadi dua mata pisau yang bisa melukai siapapun. Di satu sisi AI menjadi alat yang ma...

Read More

Thursday, 18 January 2024

MN Gandeng Astragraphia Sebagai Perjanjian Kerjasama Rekrutmen

Tangerang – UMN mulai bekerjasama dengan Astragraphia, kerja sama ini diresmikan pada (5/12). Kerjasama ini guna untuk terus meluaskan kerjasama rekru...

Read More

Thursday, 18 January 2024

UMN dan PT Eka Jaya Internasional Resmi Kerjasama Untuk Rekrutmen Mahasiswa dan Alumni

TANGERANG – Universitas Multimedia Nusantara (UMN) resmi melakukan kerja sama dengan PT Eka Jaya Internasional, melalui penandatanganan perjanjian ker...

Read More

Featured Content

Konten terbaru dari Instagram Pusat Karir UMN.